Berita & Agenda : Thursday, 4 March 2021 | 186 Views |

Usung Strategi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Era Pandemi, UWIKA berhasil menembus Hibah Pendanaan Pengabdian Masyarakat 2021

ss

Hibah pendaan Pengabdian Masyarakat 2021 yang bersumber dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional, pada tahun ini kompetisi yang dilakukan sangat tinggi antar dosen dari seluruh Perguruan Tinggi se Indonesia. Dari puluhan ribu proposal yang masuk hanya terpilih sejumlah 700 proposal yang layak untuk didanai dan UWIKA menjadi salah satu pemenang didalamnya. Prestasi ini menunjukkan kualitas yang baik dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di UWIKA yang setiap tahunnya selalu berhasil memenangkan kompetisi hibah antar perguruan tinggi se Indonesia.

Sebagai pemenang pada skema Program Kemitraan Masyarakat tim dosen yang diketuai oleh Dr. Darmanto, M.Sc., dengan anggota timnya Budi Hermawan, SE., MTCSOL. dan Agus Prayitno, S.Kom, M.T.. Selain itu kegiatan ini akan disinergikan pula dengan MBKM dengan melibatkan mahasiswa S1 Teknik Informatika dan mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Mandarin.

Mitra dalam kegiatan PKM ini adalah SMA YPPI 2 Surabaya, yang merupakan sekolah yang saat ini sedang mengalami tantangan yang berat dalam melaksanakan kegiatan PBM jarak jauh. “Keadaan pandemi Covid-19 yang telah terjadi hampir genap 1 tahun ini telah mengubah proses pembelajaran di sekolah, guru mau tidak mau dihadapkan perubahan yang belum disiapkan sebelumnya. Sehingga, meskipun hampir satu tahun proses pembelajaran telah berubah, tetapi masalah yang dihadapi oleh pengajar masih cukup rumit untuk dapat ditanggulangi. UWIKA dalam hal ini para dosen melihat perlunya peningkatan pengetahuan bagi para guru untuk dapat memanfaatkan media pembelajaran yang digunakan untuk proses pembelajaran daring. Agar dapat memaksimalkan proses pembelajaran yang baik walaupun dilaksanakan secara online.” Jelas Bapak Budi Hermawan, SE., MTCSOL. selaku anggota dan juga Wakil Rektor I bidang akademik.

sss

UWIKA bersama para dosen siap menjadi agen-agen perubahan pemerintah dalam memberikan layanan hasil risetnya bagi masyarakat. “Saya mengapresiasi hasil ini dan terlebih tidak hanya bermanfaat bagi tim dan Universitas saja, melainkan juga bermanfaat bagi mitra. Pengabdian Masyarakat ini akan memberikan luaran yang bisa dimanfaatkan oleh mitranya yang adalah Sekolah YPPI 2 Surabaya dimana sekolah ini sebagai salah satu mitra project pilot yang perlu didukung dalam penyelenggaraan pendidikan daringnya dengan teknologi web yang mudah dan biaya perawatan yg murah nantinya.” Jelas Bapak Rektor Filipus Priyo Suprobo, S.T., M.T.

Bantuan dari DRPM Kemenristek BRIN sangat berperan besar bagi pengembangan masyarakat institusi seperti sekolah-sekolah untuk dapat lebih maju dalam sistem pelayanan pendidikannya. RISTEKDIKTI secara resmi mengumumkan kabar baik ini pada tanggal 23 Febuari 2021 kemarin (Fin)