Berita & Agenda : Saturday, 4 July 2020 | 214 Views |

Mahasiswa Teknik Informatika Rancang Aplikasi ‘One Stop Payment’ Berbasis Mobile Untuk Kampus

WhatsApp Image 2020-07-04 at 15.18.09

Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan cepat sangat mempengaruhi kegiatan dan aktivitas sehari-hari, banyak jenis kegiatan yang biasanya dilakukan secara tradisional atau offline, sekarang bisa dilakukan secara online. Semua aktivitas mulai dari belanja, belajar, bekerja, aktivitas bisnis bisa dilakukan secara online. Salah satu aktivitas yang berubah adalah sistem pembayaran, dimana pembayaran secar non tunai sekarang ini lebih banyak digunakan oleh masyarakat untuk bertransaksi. Mulai dari kartu debit, kartu kredit, e-money, dan penggunaan aplikasi pembayaran melaui smartphone dan lain sebagainya, untuk mempermudah transaksi yang dilakukan dengan jumlah yang banyak tanpa perlu repot dalam melakukan transaksi sehari-hari.

WhatsApp Image 2020-07-01 at 16.09.32

Gambar: Uji Coba Aplikasi ‘One Stop Payment’ (Rabu,01/07/2020)

 Daniel Maychellino, Theresia Michelle, dan Bernard Christopher, mahasiswa angkatan 2018 yang pada hari Rabu (01/07/2020) mempresentasikan secara online ‘Proyek’ milik mereka di depan Dosen Teknik Informatika Bapak Yonatan Widianto, S.Kom., M.Kom. Dan Ibu Anastasia Kurnia Wijayanti S.I.Kom selaku staf humas. Mereka menjelaskan bahwa Sistem yang mereka buat akan menampilkan jumlah yang harus dibayarkan tergantung pembayaran untuk apa yang dipilih oleh mahasiswa, kemudian mahasiswa membayar sesuai jumlah dan nomor pembayaran yang tertulis. Sistem ini juga akan memberikan pesan kepada mahasiswa jika pembayaran akan melewati jatuh tempo dan mahasiswa harus mengajukan surat keterlambatan apabila belum bisa membayar sesuai dengan tanggal yang sudah ditentukan.

Aplikasi berbasis mobile yang segera mereka rampungkan ini jika diterapkan akan sangat memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran karena sudah terpusat di satu tempat dan mampu meningkatkan efisiensi kinerja dari pihak keuangan di Universitas Widya Kartika Surabaya. Yuk kita intip tampilan aplikasi yang mereka buat

 Tampilan fitur-fitur pada aplikasi
WhatsApp Image 2020-07-04 at 15.28.17

WhatsApp Image 2020-07-04 at 15.28.18

 WhatsApp Image 2020-07-04 at 15.28.17 (1)

Wah keren banget ya! selain aplikasi ‘One Stop Payment’ ada juga aplikasi Toko Klontong Online hingga Aplikasi pengiriman Sembako Online yang juga menjadi proyek-proyek UAS kelas Informatika. Di zaman sekarang, para generasi milenial memang sedang berlomba-lomba menguasai bidang teknologi mengingat kemajuan teknologi yang sangat pesat, sehingga membuat teknik informatika menjadi salah satu jurusan kuliah menjanjikan yang patut dipertimbangkan. Tak hanya memiliki prospek kerja yang bagus, lulusan teknik informatika berperan penting dalam perkembangan teknologi dunia. Mulai dari menciptakan perangkat lunak, pemrograman, konsultan, hingga pengembang web dan game.

Oh iya, Info dikit nih untuk Sobat Milenial yang sekarang masih duduk di bangku sekolah tak perlu ragu jika ingin masuk ke Jurusan Informatika, kamu juga bisa konsultasikan dulu secara gratis dengan mengikuti program konsultasi pendidikan Universitas Widya Kartika, Kamu akan bertemu para dosen ahli di bidang jurusan yang kamu pilih sebelum memilih jurusan. Segera daftarkan diri kamu untuk program Konsultasi Pendidikan ke 0813-5659-4211 (WA). Terus Kreatif dan Inovatif!

Switch to our mobile site