Berita & Agenda : Sunday, 12 July 2020 | 174 Views |

Wacana Kurikulum Baru UWIKA Khusus Untuk Mempersiapkan Mahasiswa Demi Merespon Era Industri 4.0

Kita saat ini berada pada tahap awal revolusi industri yang telah mulai merubah cara hidup, cara bekerja, dan cara kita berhubungan satu sama lain. Dalam skala, cakupan, dan kompleksitas, revolusi ini mengakibatkan transformasi yang jauh berbeda dengan revolusi-revolusi sebelumnya. Sehingga perlu direspon oleh semua kalangan pemangku kepentingan mulai dari kalangan publik dan swasta sampai dengan akademisi maupun masyarat umum. Revolusi ini ditandai dengan munculnya cyber-physical-system, Internet of Thing (IoT), Big Data, dan aneka layanan memanfaatkan IT. Selain itu RI 4.0 dapat dikatakan sebagai perubahan revolusioner yang terjadi ketika Teknologi Informasi diterapkan pada semua Industri. Pada bidang bisnis yang menjadi pusat perubahan adalah bagaimana layanan terhadap pelanggan ditingkatkan, pelayanan harus diberikan sesuai dengan ekspektasi pelanggan. Perusahaan yang tidak dapat memenuhi ekspektasi pelanggan akan ditinggalkan pelanggannya. Perusahaan-perusahaan membutuhkan para lulusan sarjana yang berkualitas, bukan sekedar IPK bagus atau ‘teori melulu’ tanpa mampu mengaplikasikan atau mempraktekannya.

Pada hari Rabu (08/07) para dosen Prodi Akuntansi beserta para anggota Humas Universitas Widya Kartika membuka Forum Group Discussion (FGD) bersama salah satu perusahaan yang bekerjasama dengan UWIKA, yaitu PT. Agrindo. Dalam forum ini kedua pihak saling terbuka tentang kendala apa saja yang di alami, yaitu PT. Agrindo sebagai perusahaan yang mempekerjakan para lulusan milenial dan Universitas Widya Kartika sebagai pendidik, lalu saling bertukar pikiran untuk menemukan solusinya. Lulusan perguruan tinggi hanya bermodalkan capaian Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi itu sudah masa lalu. Para lulusan perguruan tinggi harus sadar jika memasuki era 4.0. Tuntutan di era kompetisi sekarang ini justru yang terpenting di samping IPK tinggi adalah kemampuan berkomunikasi, literasi teknologi informasi, kepemimpinan, dan pemikiran yang kritis. Maka, Universitas Widya Kartika akan mendorong para lulusannya untuk dapat memanfaatkan dan melakukan inovasi dalam menghadapi berbagai tantangan kerja di era industri 4.0.

WhatsApp Image 2020-07-09 at 07.54.29

Dalam rangka penyusunan perubahan kurikulum kampus merdeka tahun 2020, ada banyak sekali masukan yang disampaikan oleh Internal Audit Manager PT.Agrindo, Bapak Adrianus Handy Harsono sebagai masukan dari stake holder tentang kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan masa kini pada departemen keuangan di perusahaan untuk Prodi Akuntansi khususnya, yang meliputi nilai-nilai kehidupan (life values), pengetahuan (knowledge), keterampilan (skill), sikap mental & etika profesi (attitude). Berikut 15 poin yang diharapkan ada pada para lulusan Akuntansi Milenial :

  1. Life values Kejujuran
  2. Life values Kedisiplinan
  3. Knowledge Prinsip Akuntansi yang kuat dan aplikasinya sesuai bisnis yang bersangkutan
  4. Knowledge Bentuk-bentuk transaksi perbankan, dari perkreditan, transaksi giro
  5. Knowledge Costing dan aplikasinya dalam mengidentifikasikan sesuai yang dibutuhkan
  6. Knowledge Cost Control and Monitoring, termasuk budgeting dan implementasinya
  7. Knowledge Cash Flow, kontrol implementasi dan analisis
  8. Knowledge Statistik, yang didukung data collection, data processing dan analysis untuk keperluan reporting
  9. Knowledge Tax, implementasi, dan updatenya agar dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk perusahaan
  10. Computer skills, minimal excel spreadsheets, documents dan presentation level medium sampai advance
  11. Skills Reporting and analyzing.
  12. Skills Problem solving, baik yg bersifat preventive maupun curative
  13. Skills Auditing, untuk bisa mengidentifikasi resiko atas suatu transaksi dan kontrol yang ada untuk dapat memberikan continues improvement
  14. Attitude, berpikiran terbuka, mau terus belajar dan peduli atas peran sebagai bagian didalam tim serta mengembangkan rasa keingintahuan (curiosity) untuk sesuatu yang benar dan relevan dengan tugas dan tanggung jawab yg diemban
  15. Etika profesi, memegang prinsip akuntansi secara konsisten dan tingkat kerahasiaan yang diperlukan sehubungan dengan data dan transaksi yang dipertanggung jawabkan.

Setelah membaca poin-poin di atas sobat milenial yang kini belajar di fakultas Akuntansi jangan ngeri dulu, Para ibu dan bapak pendidik sedang mempersiapkan kurikulum khusus yang tentu saja, mencakup dari semua poin di atas. Yang pasti dengan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya anak milenial ‘jaman now’ untuk menyongsong Era Industri 4.0 yang serba cepat dan digital ini. Sobat Milenial Bersiaplah!

Switch to our mobile site