Parenting : Yuk Melatih Kreativitas, Lewat Fotografi Bersama Si Kecil!

Berita & Agenda

WhatsApp Image 2020-07-19 at 12.53.29

Walaupun masih #dirumahaja, mengisi kegiatan saat liburan sekolah tetap wajib dilakukan agar si kecil Anda tidak bosan dan tetap semangat.

Fotografi ternyata mampu mengembangkan kreativitas anak loh. Tak ada salahnya mencoba belajar fotografi autodidak bersama si kecil. Belajar fotografi punya banyak manfaat untuk anak-anak, di antaranya melatih kreativitas, kemampuan perencaanaan dan presentasi, serta melatih kemampuan komunikasi. Menurut wakil Rektor II, Ibu Yulia Setyarini, S.E., M.A., fotografi bisa dijadikan kegiatan seru yang mampu membangun kreativitas anak selain kegiatan membaca atau mengikuti webinar. Senada dengan pendapat Ibu Yulia, Kak Rio Oktora Nanda Putra, S.I.Kom., seorang koordinator Media and Communication Centre (MCC) UWIKA yang juga pencentus Lensa Kartika, berpendapat bahwa fotografi mampu meningkatkan kemampuan visual motorik anak dan menjadi ajang belajar percaya diri.

Tak Perlu Kamera Mahal

Banyak orang berpendapat bahwa fotografi adalah salah satu hobi mahal dan butuh keahlian khusus. Anda perlu berterima kasih pada ponsel pintar dan tablet yang menawarkan fitur kamera. Teknologi ini akan membantu anak-anak Anda untuk bisa memotret lebih awal. Bisa juga mengandalkannya untuk mengenalkan dunia fotografi pada anak-anak. Jika di rumah memang memiliki kamera profesional dan merasa bahwa si kecil sudah bisa dan aman dalam mengoperasikannya, maka tak ada salahnya untuk membiarkannya memegang kendali.

Ajarkan Cara Mengoperasikannya

Beri tahu si kecil fitur-fitur dalam operasi kamera seperti tombol yang digunakan untuk mengambil gambar, zoom, lampu flash, dan lain sebagainya. Ajarkan mulai dari yang mudah.

Teknik Fotografi Dasar

Coba mengenalkan si kecil pada teknik fotografi dasar. Misal, tentang membuat objek menjadi fokus atau terlihat lebih besar, juga bisa membantunya belajar tentang cahaya. Kenalkan padanya bagaimana cara mengambil close up, gambar mikro dan lain sebagainya. bisa menunjukkan video tutorial singkat atau mengajaknya praktik langsung.

Buat Tantangan

Ciptakan permainan yang juga mengasah ingatan, kepekaan, serta kreativitas si kecil. Misalnya meminta anak-anak untuk memotret close up makanan kesukaan mereka, imajinasi mereka tentang mainan mereka, hal yang mengingatkan mereka pada kakek-nenek, beragam warna di taman, atau rangkaian foto yang menunjukkan sebuah cerita. Tantangan ini akan membuat mereka berpikir dan merancang desain atau perencanaan sendiri. Tantangan ini juga memungkinkan mereka berinteraksi dengan orang baru.

Menikmati Kebersamaan

Ketika sedang berkumpul bersama keluarga bisa melihat hasil karya-karya si kecil. Dengan memindah gambar di kartu memori ke laptop atau layar TV agar si kecil bisa melihat hasilnya lebih jelas. Minta ia menceritakan juga apa yang ia foto untuk meningkatkan kemampuan komunikasi serta presentasinya. Mencetak fotonya juga merupakan ide bagus yang akan membuatnya senang dan bersemangat untuk semakin mengeksplorasi lagi.

Selamat bersenang-senang dan memotret bersama si kecil di rumah!

Leave a comment