Berita & Agenda : Thursday, 23 July 2020 | 89 Views |

Yuk, Merdeka Kuliah! Manfaatkan Beasiswa Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) di UWIKA

Sobat Milenial tentunya tak asing dengan Kartu Indonesia Pintar atau yang biasa disingkat KIP. Kartu Indonesia Pintar merupakan kartu identitas yang diberikan kepada siswa SD hingga SMA untuk mendapatkan bantuan tunai dari pemerintah melalui Program Indonesia Pintar, dan setiap anak yang mendapat bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) hanya berhak mendapatkan satu KIP.

Seiring kesadaran pentingnya pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan perkembangan SDM di Indonesia, Program Indonesia Pintar kini memperluas cakupannya hingga ke tingkat mahasiswa dengan menerbitkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau biasa disingkat KIP-Kuliah. Jadi, ini merupakan kelanjutan dari program KIP yang sebelumnya cuma berlaku dari SD hingga SMA. Menurut Presiden Jokowi, KIP Kuliah ini akan diberikan kepada lulusan SMA/SMK yang berasal dari keluarga kurang mampu tetapi berprestasi agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi atau akademi. KIP di canangkan sebagai program pengganti beasiswa bidik misi.

Mulai tahun ini, Sobat Milenial yang ingin mendapatkan KIP Kuliah bisa segera mengurusnya ya! Tentunya kamu bisa mempergunakan KIP-Kuliah ini untuk mendapatkan gelar Sarjana (S1) di UWIKA. Berikut ini adalah persyaratan mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) :

  1. Penerima KIP-KULIAH adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus, akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  1. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus  pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP.
  1. Siswa SMA/SMK/MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera.
  1. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Widya Kartika pada pilihan prodi pilihan.

Sobat Milenial yang menerima program ini, KIP Kuliah akan memberikan pembiayaan pendaftaran dan bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi. Kamu juga akan mendapatkan Subsidi biaya hidup sebesar Rp 700.000 per bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.
Pada tahun ini KIP akan dibagikan untuk 400.000 orang yang sistemnya terintegrasi dengan kampus merdeka Universitas Widya Kartika. Jadi, segera urus KIP-Kuliah dengan mengunjungi link berikut http://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Selain beasiswa dari KIP kuliah, ada berbagai macam beasiswa khusus yang langsung bisa didapatkan dari Universitas Widya Kartika. Untuk info selengkapnya kamu bisa menghubungi nomor 0813.5659.4211 untuk mendapatkan semua informasi yang kamu butuhkan, dari informasi pendaftaran hingga beasiswa.

Switch to our mobile site