Berita & Agenda : Sunday, 2 August 2020 | 120 Views |

Anak Teknik Informatika, Sudah siapkah kamu? Bocoran dari Para Alumni Teknik Informatika, Skill yang Paling Dicari!

Dari Hasil dari FGD Para Dosen Informatika dengan Alumni Teknik Informatika UWIKA

WhatsApp Image 2020-08-02 at 05.52.30

Hai-hai Mahasiswa Teknik Informatika UWIKA, atau kamu Sobat Milenial yang mau ambil jurusan Teknik Informatika, Yup! Prodi yang satu ini memang sedang populer di kalangan Milenial dan banyak dicari perusahaan. Kali ini Lensa Kartika akan membahas skill seperti apa yang perusahaan paling butuhkan dari diskusi bareng kakak-kakak alumni Teknik Informatika pada hari Sabtu (01/08) ini bocorannya, simak baik baik ya!

Bukan Hanya Skill Sebagai Programmer Dasar

Prospek kerja Teknik Informatika di era digital seperti saat ini, yang akan menjadi most wanted adalah seorang programmer. Sebab dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang memiliki website, aplikasi, hingga program komputer namun kekurangan orang untuk mengembangkannya. Lulusan Teknik Informatika tidak hanya di tuntut mampu membuat sebuah aplikasi, namun apakah aplikasi yang kamu buat itu mampu menyelesaikan atau memudahkan sebuah masalah, atau justru menambah masalah baru? Ini perlu dicatat oleh calon-calon programmer seperti kalian.

Di dunia kerja sekarang ini, kamu tidak hanya dituntut menguasai bahasa pemograman dasar seperti Phyton, yaa.. memang sih sampai sekarang Phyton dianggap masih ‘powerfull’ namun kamu juga dari sekarang mulai pelan-pelan pelajarilah pemrograman berbasis mobile (seperti flutter). Eits, tapi kuasai bahasa-bahasa pemrograman dasar dulu ya.. mengingat pentingnya pemrograman dasar bagi mahasiswa Teknik Informatika untuk dapat mengembangkan kemampuan ke tingkat selanjutnya. Jadi, terus semangat belajar coding ya guys!

Tuntutan Dunia Kerja Terus ‘Update’ Dibandingkan Dengan Mata kuliah yang Sedang Kamu Pelajari.

Cepatnya pembaruan yang ada pada ilmu-ilmu Teknik Informatika membuat kita menyadari bahwa perlu adanya pengembangan untuk bekal lebih bagi mahasiswa nantinya. Cobalah untuk semangat belajar dari sekarang dan manfaatkanlah tools terbaru yang ‘kekinian’ digunakan saat ini. Seperti bahasa-bahasa pemprograman untuk aplikasi mobile yang bisa digunakan pada android atau apple. Dan juga jika kamu bercita-cita menjadi seorang pengembang web dan aplikasi, coba untuk pelajari salah satunya seperti gitgub & gitlab. Git adalah salah satu aplikasi VCS (Version Control Sistem) atau aplikasi yang berfungsi untuk merekam dan mengontrol perubahan file yang terjadi pada project yang sedang kita kembangkan baik secara pribadi atau secara berkelompok. Ada banyak aplikasi VCS selain Git, diantaranya seperti SVN, Mercurial dan CVS. Git adalah salah satu yang paling populer digunakan oleh para pengembang dan banyak diminati oleh perusahaan. Nah, cobalah dalami hal ini bersama dosen dan teman-temanmu dari sekarang supaya nantinya kamu nggak kaget.

Anak Informatika Juga Perlu Ilmu Public Speaking

Kebutuhan lulusan Teknik Informatika sekarang ini tidak hanya secara teknis tapi juga non teknis. Lulusan Teknik Informatika tidak hanya dibentuk untuk melakukan pemograman tetapi juga mampu menganalisa permasalahan dan memberikan bentuk nyata solusi. Nah, pentingnya publik speaking bagi lulusan Teknik Informatika adalah agar mampu menyampaikan dan menjelaskan poin poin penting. Cobalah untuk mendobrak stigma ‘introvert’ atau ‘anak informatika nggak bisa ngomong di depan orang’. Coba bayangkan suatu saat nanti kamu harus menjelaskan atau presentasi tentang aplikasimu kepada orang-orang divisi lain yang bukan IT, apa mampu mereka menerima pembicaraan yang terlalu berbau ‘teknis’ dan bahasa pemograman? Bisa- bisa kamu dikira ngomong pake bahasa alien hehehehe..

Nah kira-kira itu sedikit bocorannya, yang lainnya nanti kamu akan langsung diajari oleh dosenmu. Kamu nggak perlu takut atau pesimis, dosen-dosen jurusan teknik Informatika di Universitas Widya Kartika sudah menyiapkan pembaruan-pembaruan ilmu terkini-nya Informatika lho, giliran kamu sebagai calon-calon lulusan Teknik Informatika untuk terus mengasah skillmu. Dengan bocoran diskusi bersama kakak-kakak alumni ini, kita harus bersiap supaya kamu menjadi lulusan Teknik Informatika yang karirnya cerah, secerah matahari hari Minggu ini! Semangatttt!

Switch to our mobile site