Berita & Agenda : Saturday, 8 August 2020 | 168 Views |

Tips Fresh Graduate Mencari Kerja Di Tengah Pandemi

Memang, perayaan wisuda merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa sebagai ujung dari perjuangan menyelesaikan masa studi. Namun, sebenarnya wisuda bukanlah ujung, melainkan garis awal kamu bersaing dengan teman-temanmu yang selama ini selalu menghabiskan waktu bersama-sama. Dan kamu yang baru lulus di tahun ini memiliki tantangan yang sangat berat, selain bersaing dengan teman-teman, kamu juga harus menghadapi pandemi virus corona untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak perusahaan selama pandemi melakukan hiring freeze atau menutup perekrutan. Lalu bagaimana tips agar Sobat Milenial mendapatkan pekerjaan di tengah pandemi ini? Dan bagaimana lulusan sekarang bisa mengembangkan diri di tengah pandemi?

Bapak Yonda Wirdyawan, S.E., M.M. selaku Kepala Human Resources & Organizational Development (HROD) membagikan bagimana pandangannya tentang apa yang harus di terapkan dalam mencari pekerjaan dan mengembangkan diri di tengah pandemi,. Yuk langsung aja kita simak!

Menguasai Skill Jurusan

Di era digital ini Sobat Milenial sangat beruntung karena ada banyak platform untuk para pekerja profesional. Sebelum kamu melamar pekerjaan setelah lulus lewat online, pahami dulu lowongan apa yang akan kamu lamar beserta job desknya, jangan sampai tidak sesuai dengan dirimu. Selain kamu wajib membuat profile CV kamu terlihat profesional, kamu jangan asal membuat atau mencantumkan sesuatu yang tidak terkait dengan kemampuanmu. Paling tidak kuasai ranah profesi yang ada pada gelarmu. Misalnya, kamu melamar bagian keuangan tetapi ketika wawancara kerja berlangsung kamu tak memiliki pandangan, pekerjaan apa yang akan dilakukan oleh divisi tersebut. Sebaiknya melamarlah di bidang-bidang yang kamu kuasai.

Melek IT dan Mau Mempelajari Hal Baru

Sobat Milenial harus selalu ingat, perkembangan teknologi sekarang ini sangat cepat. Kamu juga harus mengimbanginya dengan mempelajari teknologi tersebut meski bukan bidang kamu. Alasannya adalah lowongan kerja saat ini didominasi lowongan yang berkaitan dengan teknologi. Semua kegiatan bisnis hampir 100% dilakukan dengan online. Banyak perusahaan besar hingga kecil yang membutuhkan orang-orang yang mampu bekerja dengan teknologi. Seperti digital marketing dan IT adalah yang paling dicari di masa pandemi seperti ini. Kamu bisa mempelajari tentang coding, UI/UX atau komponen marketing online melalui internet dan youtube. Karena untuk beberapa tahun kedepan, lowongan untuk tenaga teknologi akan sangat dibutuhkan karena saat ini semua mulai beralih ke digital. Ingat, belajar tidak harus mahal, kalian bisa mempelajari semua dengan gratis melalui internet dan langsung mempraktekkan yang bisa menjadi portofolio kamu saat melamar pekerjaan. Semangat!

Menyesuaikan Dengan New Normal

Sobat Milenial pasti sudah tahu bahwa konsep hidup new normal sedang akan dijalankan oleh pemerintah. Nah, kamu juga harus beradaptasi dengan konsep ini. Kamu harus tahu kondisi new normal dan jeli terhadap peluang. Jangan hanya menunggu panggilan wawancara kerja, kamu harus bisa melihat dan mengeksekusi peluang usaha di tengah konsep hidup new normal. Kita di tuntut untuk menjadi pribadi yang kreatif dan mampu melihat peluang bisnis di sekitar kita, perhatikan kelemahan dan kekurangan produk atau jasa yang akan kamu pasarkan. Kalau kita bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri, kenapa tidak.

Itulah sebagian tips buat kamu yang baru lulus kuliah maupun yang sedang mencari pekerjaan. Selain itu, ada beberapa skill yang harus ada pada dirimu ketika mencari penghasilan di era ‘new normal’ seperti di bawah ini

Kreativitas

Kemampuan yang harus Sobat Milenial miliki sebagai pencari kerja adalah kreativitas. Dengan memiliki kreativitas perusahaan akan mengutamakanmu ketika kamu melamar pekerjaan. Kenapa kemampuan ini sangat dibutuhkan perusahaan? Alasannya adalah perusahaan butuh sosok yang mampu memberikan solusi masalah untuk berbagai situasi karena keterbatasan Sumber Daya Manusia dengan kreativitasnya. Jadi cobalah kamu mengasah kreativitasmu dengan melihat situasi dengan sudut pandang yang lain.

Kolaboratif

Dengan sedikitnya sumber daya manusia dan perusahaan harus tetap berjalan maka kemampuan berkolaborasi atau bekerja sama sangat dibutuhkan oleh perusahaan. Jadi, kemampuan untuk bisa bekerja bersama tim atau lintas tim harus kamu miliki. Jangan malu untuk berinisiatif, PEDE AJA!

Kecerdasan Emosional

Soft skill ketiga yang harus Sobat Milenial miliki di tengah pandemi adalah kecerdasan emosional. Dengan sedikitnya sumber daya manusia pasti akan berdampak pada banyaknya jumlah pekerjaan dan makin tinggi tekanannya. Seseorang yang mampu mengendalikan emosi atau stresnya dan tetap fokus kepada pekerjaan akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan.

Itulah beberapa tips mencari kerja di era new normal dan tiga keahlian yang setidaknya ada pada dirimu. Tetap semangat dan teruslah menjadi pribadi yang Humanis-Inovatif-Kreatif!

Switch to our mobile site