Berita & Agenda : Saturday, 8 August 2020 | 217 Views |

FGD Bersama Stakeholder UWIKA RENCANA KURIKULUM BARU UNTUK FAKULTAS SASTRA & PENDIDIKAN BAHASA

Sobat Milenial sudah siap belum untuk semester depan? Menyikapi perubahan yang terjadi di dunia pendidikan, industri dan usaha, bersama para stakeholder Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa perlu mengevaluasi dan merencanakan kurikulum baru yang tentunya relevan menjadi basis keterampilan dan dibutuhkan ketika para mahasiswa siap berkarir dan berkarya selepas menempuh pendidikan tingginya di Universitas Widya Kartika. Simak sampai habis artikel ini yah!

WhatsApp Image 2020-08-08 at 03.36.46

Rabu, 5 Agustus 2020, Telah dilaksanakan pembahasan tentang wacana kurikulum baru untuk Fakultas Sastra & Pendidikan Bahasa Mandarin dalam Forum Group Discussion (FGD) bersama salah satu stakeholder yang bekerjasama dengan UWIKA terutama di bidang pendidikan Sastra Mandarin yaitu, Ibu Fify Herawaty (Kepala Sekolah PG/TK Little Sun School) dan Ibu Yuliana Lianto, B.A. (Kepala Sekolah SD Little Sun School) secara singkat namun tuntas mengupas tentang persiapan kurikulum baru dan masukkan dari setiap kepala sekolah terhadap mahasiswa PPL UWIKA serta untuk perubahan kurikulum kampus merdeka bagi Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. Upaya ini juga dalam rangka merespon kebijakan baru dari Bapak menteri pendidikan terkait adanya perubahan kurikulum ‘kampus merdeka’ yang mewajibkan pada mahasiswa untuk melakukan praktek kerja lapang lebih lama yaitu minimal 3 semester. Ini juga berlaku untuk semua jurusan, namun kali ini Sobat Milenial akan membaca sedikit ‘bocoran’ tentang beberapa poin-poin penting soal kurikulum yang kemungkinan besar akan diterapkan semester depan.

Sebelum memberi masukan para stakeholder kita sempat sangat mengapresiasi kinerja dan etika yang baik mahasiswa/alumni UWIKA yang mengajar di sekolah mereka. Maka dari itu untuk semakin meningkatkan kualitas lulusan S1 Pendidikan Bahasa Mandarin UWIKA maka sebaiknya,

  • Pembelajaran grammar (??) yang lebih relevan dalam praktek kehidupan sehari-hari, mempunyai penguasaan grammar yang baik dari grammar yang sederhana dan pronounciation yang benar.
  • Mempunyai pengetahuan dasar tentang filosofi zhongguo yang mempunyai nilai-nilai baik yang bisa diaplikasikan dan diterapkan sehari-hari.
  • Mampu mengaplikasikan berbagai permainan berbasis teknologi dalam pembelajaran sehari-hari.
  • Memiliki public speaking yang baik.

Saran materi pembelajaran untuk menunjang perubahan kurikulum kampus merdeka juga termasuk adanya Management Class dan Psikologi Anak/Pendidikan. Tujuan Management Class ini agar para mahasiswa ini bisa lebih baik lagi dalam mengantur serta menangani kondisi kelas. Serta adanya materi Psikologi Anak/Pendidikan agar pada mahasiswa ini dapat memahami dan menangani dengan baik anak didik yang akan diajar.

Setelah membaca poin-poin di atas sobat milenial yang kini belajar di Fakultas Pendidikan Sastra & Bahasa jangan ngeri dulu, para ibu dan bapak pendidik sedang mempersiapkan kurikulum khusus yang tentu saja, mencakup dari poin-poin di atas. Yang pasti dengan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya anak milenial ‘jaman now’ untuk menyongsong Era sekarang yang menuntut serba cepat dan digital ini. Sobat Milenial Bersiaplah!

Switch to our mobile site