Berita & Agenda : Wednesday, 12 August 2020 | 200 Views |

Hal yang Bisa Jadi Motivasi untuk Masa Depan Lebih Baik

aa

Sobat Milenial pasti tahu bahwa semua orang pasti ingin sukses dan punya masa depan yang cerah. Nah, untuk mencapai kesuksesan sendiri bukanlah perkara yang mudah. Kesuksesan memerlukan proses dan waktu yang tidak sebentar. Jalan menuju kesuksesan di masa depan akan dipenuhi dengan berbagai rintangan dan kesulitan. Kamu akan mengalami frustasi atau patah semangat dititik tertentu karena hal-hal belum tentu bisa berjalan sebagaimana yang kamu mau. Salah satu hal yang dibutuhkan untuk membangun kesuksesan dan masa depan yang lebih baik adalah motivasi. Motivasi dapat diibaratkan sebagai bahan bakar kendaraan. Kendaraan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya tanpa bahan bakar. Begitupun dengan kesuksesan yang tidak akan berjalan tanpa dorongan motivasi. So, simak yuk motivasi untuk masa depan di bawah ini untuk memicu semangat kamu dalam meniti masa depan yang lebih baik.

1. Punya mimpi

Setiap orang pasti punya mimpi dan cita-cita. Cita-cita ini bisa berubah dari waktu kita kecil hingga kita dewasa. Misalnya, waktu kecil kamu bercita-cita ingin jadi dokter. Namun, saat ini kamu malah bercita-cita ingin jadi pengusaha. Wajar banget!

Bermimpilah tanpa harus takut ada yang melarang. Jangan patah semangat meski orang lain menjatuhkanmu atau menilai bahwa mimpi kamu tidak realistis. Kamu harus berani mewujudkan mimpi-mimpi yang kamu punya agar bisa meraih kesuksesan sesuai dengan yang kamu impikan.

Mimpi nggak selalu soal profesi atau pekerjaan. Mimpi juga bisa berupa hal-hal yang ingin kamu capai dalam hidup di masa yang akan datang. Misalnya, kamu berkeinginan punya rumah dua lantai di kawasan tertentu atau punya usaha di bidang kuliner. Nggak ada yang salah dalam bermimpi. Supaya kamu terus termotivasi, kamu bisa tulis mimpi kamu di buku catatan atau di tempat yang sering kamu lihat. Dengan begini, setiap kali kamu mengalami demotivasi, kamu akan selalu ingat dan terdorong lagi untuk bergerak.

 2. Bikin target 

Gimana sih kira-kira caranya supaya mimpi kamu bisa tercapai? Salah satunya adalah dengan menentukan target jangka pendek dan jangka panjang. Target jangka pendek adalah sesuatu yang ingin dicapai dalam waktu dekat, maksimal setahun. Sedangkan target jangka panjang biasanya meliputi hal-hal yang ingin dicapai dalam waktu 5-10 tahun, misalnya. Kalau kamu punya mimpi ingin menjadi seorang diplomat, target jangka panjang yang bisa kamu tetapkan adalah kuliah di jurusan Hubungan Internasional di Perguruan Tinggi Negeri. Target jangka pendek yang kamu pilih, misalnya, lulus SMA dengan nilai tinggi dan lulus seleksi beasiswa.

Target jangka panjang membutuhkan waktu dan perencanaan yang matang. Target jangka panjang memaksa kamu untuk membuat rencana-rencana untuk meraihnya. Dengan memiliki target jangka pendek dan jangka panjang, kamu pelan-pelan membangun sebuah masa depan yang lebih baik nantinya. Tanpa kamu sadari, kamu semakin dekat dengan mimpimu.

3. Menabung 

Ingin masa depan yang lebih baik? Kamu harus punya tabungan yang cukup dan kondisi keuangan yang sehat. Terapkan kebiasaan menabung pelan-pelan. Jumlah uang yang ditabung tidak harus selalu dalam jumlah yang besar. Asal kamu konsisten dan disiplin, kamu bisa mencapai angka tabungan yang kamu tuju.

Tabungan yang cukup bisa memudahkan kamu dalam mencapai tujuan hidup. Selain itu, kondisi keuangan yang sehat juga akan membuat kamu hidup lebih tenang tanpa perlu membebani orang lain. Coba buat jadwal menabung setiap harinya seperti setiap hari senin menabung Rp. 20.000,- Hari Selasa menabung Rp. 10.000,- Hari Rabu menabung 15.000,- dan seterusnya.. , bayangkan jika kamu konsisten, berapa juta dalam setahun yang berhasil Sobat Milenial kumpulkan!

4. “Investasi” untuk diri sendiri

Ahli investasi asal Amerika, Warren Buffett, pernah mengatakan bahwa investasi terbaik yang bisa dilakukan oleh setiap orang adalah investasi kepada diri sendiri. Investasi untuk diri sendiri membantu kamu dalam membangun modal atau bekal untuk masa depan. Apa saja bentuk investasi yang bisa dilakukan? Pertama, kamu bisa meningkatkan skill yang kamu punya. Misalnya, kamu punya skill editing gambar di photoshop. Jika kamu terus asah kemampuan kamu, hal ini bisa menjadi modal untuk karier kamu di masa depan nanti.

Salah satu cara untuk berinvestasi pada diri sendiri, kamu bisa ikut program Koridor Ide yaitu kegiatan webinar Universitas Widya Kartika yang diadakan setiap hari Jumat. Koridor Ide terbuka untuk umum, adik-adik di SMA/SMK/MA dan juga mahasiswa baru Universitas Widya Kartika dapat memanfaatkannya sebagai program seat in untuk menambah ilmu dan pengetahuan kalian. Koridor Ide juga bisa digunakan untuk pendidikan informal, lho. Jadi, kamu bisa manfaatin untuk ikut berbagai kursus demi meningkatkan skill.

5. Raih pendidikan tinggi 

Punya pendidikan tinggi dapat memudahkan kamu dalam membangun masa depan yang lebih baik. Ketika kamu punya ilmu lebih lanjut di bidang tertentu, kamu akan lebih siap dalam menghadapi persaingan di dunia kerja karena kamu percaya diri dengan ilmu dan skill yang kamu punya. Nah, bagi kamu yang ingin meraih pendidikan tinggi, kamu bisa mencoba menggunakan alternatif pembiayaan pendidikan di Universitas Widya Kartika lewat beasiswa khusus dari program Konsultasi Pendidikan. Program Konsultasi Pendidikan akan membantu kamu meraih masa depan yang lebih cerah. Dengan bantuan program konsultasi pendidikan kamu akan didampingi oleh dosen-dosen yang akan membantumu mengarahkan minat bakatmu kepada jurusan yang sesuai denganmu.

Mengapa sebaiknya mengikuti Konsultasi Pendidikan? Selain kamu bisa mendapatkan arahan yang sesuai dengan minat-bakatmu, kamu juga akan mendapatkan kemudahan dalam menjangkau biaya pendidikan dengan beasiswa khusus. Sehingga bisa lebih cepat menggapai edukasi pendidikan tinggi di Universitas Widya Kartika.

Switch to our mobile site