Berita & Agenda : Saturday, 29 August 2020 | 193 Views |

KAMU MASIH PUNYA KESEMPATAN UNTUK DAFTAR BEASISWA KIP KULIAH Cek Alurnya, Ayo Merdeka Kuliah!

Pemerintah telah membuka program pemberian bantuan pendidikan untuk mahasiswa, yakni KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar), mulai tahun 2020. KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik, tetapi mengalami keterbatasan ekonomi di jenjang perguruan tinggi.

Para calon mahasiswa baru dengan kualifikasi di atas bisa mulai mendaftar menjadi penerima KIP Kuliah pada website pmb.widyakartika.ac.id. Untuk mendaftar menjadi peserta program KIP Kuliah, para calon penerima bantuan pendidikan ini diharuskan menyerahkan data sebagaimana dalam pendaftaran bidikmisi. Saat pendaftaran online, calon penerima KIP Kuliah diharuskan memasukkan sejumlah data, yakni Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat email. setelah diverifikasi oleh sistem, calon akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses untuk mendaftar ke perguruan tinggi Universitas Widya Kartika.

KESEMPATAN MERDEKA BIAYA KULIAH PAKAI KIP KULIAH MASIH TERBUKA

Bagaimana jika calon mahasiswa baru dari keluarga tidak mampu tapi tidak memiliki KIP atau orang tuanya belum terdaftar sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)? Tentu saja calon mahasiswa masih bisa menerima KIP Kuliah. Syaratnya, mereka harus lolos proses seleksi dan verifikasi kondisi ekonomi yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi – Universitas Widya Kartika dengan mengisi data pada website pmb.widyakartika.ac.id

PERSYARATAN PENERIMA KIP KULIAH

  • Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya; Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah.
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, serta dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

Apabila mahasiswa belum memiliki KIP atau orang tua/wali belum memiliki KKS (Kartu Keluarga Sejahtera), maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah asalkan memenuhi persyaratan tidak mampu secara ekonomi sesuai dengan ketentuan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali sebesar Rp 4.000.000 atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah). Penerima KIP Kuliah ditetapkan oleh Puslapdik setelah mahasiswa melakukan registrasi di Perguruan Tinggi.

KEUNGGULAN PENERIMA KIP KULIAH

  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer-UTBK serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masingmasing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)
  • Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi. Bantuan biaya hidup sebesar 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan.

JANGKA WAKTU KIP KULIAH

KARTU INDONESIA PINTAR KULIAH

Program Sarjana maksimal 8 (delapan) semester

TAHAPAN PENDAFTARAN KIP KULIAH

  • Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran pada website widyakartika.ac.id secara mandiri di sistem online Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email dan nomor kontak yang masih aktif.
  • Siswa akan dibantu dalam proses penerimaan KIP kuliah oleh pihak Universitas Widya Kartika. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah; Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan; Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri).
  • Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi; Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP kuliah.

Ayo tunggu apalagi! jangan biarkan masadepanmu terhambat. Saatnya merdeka biaya kuliah dengan beasiswa KIP kuliah di Universitas Widya Kartika. Jika kamu membutuhkan bantuan langsung hubungi kami di whatsapp 0813.5659.4211. Salam sukses!

Switch to our mobile site