Berita & Agenda : Friday, 4 September 2020 | 103 Views |

Prestasi Universitas Widya Kartika Tahun Ke 34, Dari Peringkat Klasterisasi Perguruan Tinggi oleh Kemendikbud, Hingga Peringkat SIMKATMAWA

artikel

Peringkat Klasterisasi Perguruan Tinggi

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 yang mana kampus dikelompokkan berdasarkan tingkat perkembangannya. Tujuan utama klasterisasi adalah untuk menyediakan landasan bagi pengembangan kebijakan pembangunan, pembinaan perguruan tinggi serta untuk mendorong perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan. Klasterisasi perguruan tinggi ini juga berfungsi untuk menyediakan informasi kepada masyarakat umum tentang kualitas kinerja perguruan tinggi di Indonesia.

Universitas Widya Kartika berada diurutan nasional 400 dari 2106 perguruan tinggi di Indonesia. 4 aspek utama penilaian dalam klasterisasi perguruan tinggi tahun 2020 adalah mutu sumber daya manusia dan mahasiswa (input); pengelolaan kelembagaan perguruan tinggi (proses); capaian kinerja jangka pendek yang dicapai perguruan tinggi (output) serta capaian kinerja jangka panjang perguruan tinggi (outcome).

SIMKATMAWA

Sistem Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan

Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) ini merupakan acuan bagi kementerian dan perguruan tinggi dalam melaksanakan pelaporan kinerja dan atau prestasi dalam bidang kemahasiswaan tahun 2019.

Selaras dengan visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu mewujudkan pendidikan tinggi yang bermutu serta kemampuan IPTEK dan inovasi, untuk mendukung daya saing bangsa, peningkatan prestasi mahasiswa serta terus mendorong pengembangan minat, bakat, penalaran, dan kreativitas serta keilmuan dan keprofesian mahasiswa. Guna membekali mahasiswa dalam menghadapi tantangan globalisasi dan upaya bersama kita untuk terus mendorong daya saing bangsa, maka mahasiswa bukan hanya kita bekali dengan akademik semata, namun juga harus dibekali dengan berbagai kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan soft skills mahasiswa.

Kejuaraan yang diakui pada pemeringkatan SIMKATMAWA minimal yang setara dengan kejuaraan tingkat daerah, nasional, hingga internasional. Universitas Widya Kartika berhasil mencapai nilai yang jauh diatas tahun kemarin seperti yang dapat kita lihat pada tabel di bawah ini

SIMKATMAWA

Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Dikti pada pelaksanaan SIMKATMAWA tahun 2020, dengan indikator penilaian sebagai berikut

  1. Institusi 20%
  2. Kegiatan non lomba/Pengakuan/Rekognisi 20%
  3. Prestasi kegiatan Ko dan Ektrakurikuler Mandiri 20%
  4. Prestasi kegiatan Ko dan Ektrakurikuler Belmawa 40%

Sedangkan untuk tahun 2021 nantinya akan menyesuaikan dengan kebijakan “Merdeka belajar-Kampus Merdeka” dengan komponen penilaian menyesuaikan dengan implementasi Kampus Merdeka.

Untuk Klasterisasi ataupun peringkat SIMKATMAWA, yang dipentingkan sebenarnya bukan peringkatnya, tapi bagaimana kita semua sebagai civitas akademika Universitas Widya Kartika dapat berproses, bertumbuh, dan berguna bagi bangsa ini. Semoga kedepanya terus menjadi lebih baik lagi, Salam Humanis, Inovatif, Kreatif!

Artikel Terkini

Buat Yang Suka Main Game, Ini Dia Jurusan Yang Cocok Buat Kamu!

Buat Yang Suka Main Game, Ini Dia Jurusan Yang Cocok Buat Kamu!

Wednesday, 16 September 2020

Lensa Kartika – Edisi 45

Wednesday, 16 September 2020

Lensa Kartika – Edisi 44

Wednesday, 16 September 2020

Switch to our mobile site