Berita & Agenda : Friday, 16 October 2020 | 38 Views |

Alasan Pantang Putus Kuliah Karena Biaya

Sobat Milenial, pernah nggak sih kamu terpikir untuk tidak lanjut kuliah setelah lulus SMA/SMK karena keterbatasan ekonomi? Tak sedikit mahasiswa di tanah air yang terpaksa putus kuliah karena kendala biaya. Di sisi lain, mahasiswa yang masih gigih kuliah, harus memutar otak untuk mencari pekerjaan sampingan atau kerja paruh waktu. Cara ini bisa dibilang paling populer untuk mahasiswa di Indonesia sekarang. Melihat tantangan dunia kerja sekarang, sudah seharusnya urusan biaya tak boleh memutuskan impian dan cita-cita setiap orang untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Bahkan sangat disayangkan, jika sobat milenial putus kuliah karena biaya terjadi menjelang ujung perkuliahan atau bahkan saat skripsi.

Wakil Rektor II, Yulia Setyarini, S.E., M.A. mengungkapkan bahwa, saat ini putus kuliah karena biaya sudah bukan alasan lagi buat gagal dapat gelar sarjana. Yuk simak, Berikut solusi dari Ibu Yulia Setyarini yang menjadikan kita bisa pantang putus kuliah karena alasan ekonomi

  1. Mengikuti Program Konsultasi Pendidikan UWIKA

Saat kamu memutuskan untuk meneruskan pendidikan ke jenjang sarjana, kamu dapat mendiskusikan apa yang menjadi kendalamu bahkan saat kamu mengalami kesulitan biaya dan kesulitan memilih jurusan mana yang cocok buatmu.

Program KONSULTASI PENDIDIKAN Universitas Widya Kartika juga dapat mengantarkanmu untuk mendapatkan beasiswa dari Universitas. Program ini merupakan upaya dalam menggali potensi calon mahasiswa dan memfasilitasi masyarakat dalam mempersiapkan rencana pendidikan tinggi. Perlu diketahui ada beberapa hal dapat kamu peroleh dalam program Konsultasi Pendidikan

  • Konsultasi pendidikan dilakukan secara personal dan langsung oleh faculty member: Dekan fakultas, tim dosen, dan Kepala Program Studi tujuan calon mahasiswa
  • Kamu adapat mengikuti program gali minat dan bakat, tes pemetaan akademik dan tes pemetaan kepribadian GRATIS
  • Kamu juga dapat mengikutiseat in, program perkuliahan singkat yang dirancang khusus untuk mempersiapkan calon mahasiswa memahami program studi yang ingin dituju
  • Bagi calon mahasiswa yang mengajukan seleksi beasiswa dan dinilai layak, maka akan diberikan rekomendasi oleh faculty member setelah melalui serangkaian proses konsultasi

Untuk mendaftarkan diri dan mengetahui lebih lanjut program ini kamu bisa mengunjungi link:

https://www.widyakartika.ac.id/site/penerimaan-mahasiswa/konsultasi-pendidikan/

  1. Berdialog Langsung dengan dosen Wali atau Kaprodi

Poin ke-dua ini adalah kondisi ketika kamu telah menjadi mahasiswa, namun di tengah-tengah perjalanan studimu kamu dihadapkan oleh ‘masalah biaya’. Selain sebagai pengajar akademik, Dosen wali atau Kaprodi di UWIKA juga memiliki peran sebagai ‘orangtua’ kalian di masa-masa studimu lho.

Beliau-beliau ini yang bertugas memberikan bimbingan akademik yaitu membantu mahasiswa dalam merencanakan studi untuk jenjang studi selengkapnya maupun tiap semester, juga membantu memilih atau menentukan program belajar, kegiatan ko-kurikuler dan ekstrakurikuler yang akan diikutinya dan juga monitor perkembangan kemajuan studi mahasiswa, hingga membangkitkan dan mengembangkan motivasi belajarnya termasuk memberikan solusi mengenai kesulitan biaya. Jadi jangan ragu untuk berdiskusi dengan beliau ya!

3. Banyak Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa

Sudah sejak lama ada tren kuliah sambil kerja sampingan. Apalagi di zaman sekarang yang teknologi informasinya jauh lebih maju. Kamu bisa mudah dapat pekerjaan sampingan yang sesuai dengan skill yang kamu punya. Bahkan, kerja sampingan bisa mengasah keahlian pada jurusan kuliah yang kamu tempuh.

Dulu, mahasiswa yang mau cari kerja sampingan untuk bertahan supaya tidak putus kuliah karena biaya tidak selalu beruntung, karena keterbatasan lapangan kerja dan tidak semua punya kesempatan. Beda kalau kuliah di zaman sekarang, banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan, bahkan cukup hanya duduk di depan laptop yang terkoneksi internet.

Cobalah untuk mencari pekerjaan yang tidak mengganggu jam perkuliahanmu, kamu juga dapat memilih pekerjaan yang bisa kamu lakukan secara online seperti sebagai freelancer. Misalnya dengan bisnis online shop kecil-kecilan, designer freelance, bahkan jadi influencer kalau memungkinkan!

4. Mengajukan Beasiswa

Universitas Widya Kartika ada berbagai jenis beasiswa, Ada beasiswa untuk prestasi akademik, beasiswa non akademik, dan lain sebagainya. Beasiswa-beasiswa tadi bisa kamu dapatkan dari UWIKA secara langsung atau dari institusi yang telah bermitra dengan kampus. Nah, kamu hanya perlu tunjukkan kalau kamu layak dapat beasiswa, sehingga kamu nggak akan putus kuliah karena masalah biaya.

Perlu Diingat Bahwa Kuliah adalah modal penting raih masa depan

Kalau ditanya, “Buat apa kamu kuliah?,” jawabannya bisa bermacam-macam. Ada yang jawab bisa gampang dapat kerja, biar bisa jadi pejabat, biar bisa berkarier, dan lain-lain. Apapun jawabannya, semua bertujuan untuk menyiapkan modal penting dalam meraih masa depan. Bayangkan saja ketika seseorang melamar pekerjaan, akan dilakukan teknik-teknik dalam seleksi calon karyawan yang meliputi soft skill maupun hard skill. Jika kamu tidak menguasainya, maka dipastikan kamu akan tereliminasi lebih awal.

Jadi, sekarang Sobat Milenial wajib terus optimis dan bersemangat untuk melanjutkan kuliah tanpa khawatir kendala biaya. Kamu masih bisa menggapai cita-cita di bangku kuliah dengan bekerja sampingan, beasiswa, dan lainnya. Dengan demikian, modal penting meraih masa depan akan kamu dapatkan. Masih banyak jalan menuju Roma! Selamat mencoba dan semoga sukses!

Switch to our mobile site