Berita & Agenda : Friday, 27 November 2020 | 169 Views |

UWIKA Jaga Mutu dan Akuntabilitas Para Dosen Peneliti dalam Menjalankan Hibah Penelitian dengan Monitoring dan Evaluasi Internal Bersama Reviewer Nasional

WhatsApp Image 2020-11-20 at 17.23.01(1)

Gambar 1. Rektor dan Tim peneliti UWIKA bersama dengan Rektor Universitas Narotama selaku Reviewer Nasional

Perguruan tinggi tidak hanya berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, namun juga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional Pasal 20. Penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa.

Dalam kegiatan pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat yang pendanaanya berasal dari hibah pemerintah, Dosen peneliti bertanggung jawab atas keberhasilan atau pun kegagalan pelaksanaan misi organisasi dalam mencapai hasil yang telah ditetapkan sebelumnya, melalui media pertanggungjawaban yang dikerjakan secara berkala. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari tolak ukur mutu dan kualitas . Untuk itu, Lembaga Penelian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Widya Kartika Surabaya berkolaborasi dengan mitra Universitas Narotama Surabaya sebagai Komite Penilaian atau reviewer independent dalam menjalankan fungsi Monitoring dan Evaluasi capaian peneliian para dosen yang mendapatkan hibah Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat tahun anggaran 2020, pada hari Jumat 20/11 kemarin.

WhatsApp Image 2020-11-20 at 17.23.01

Penelitian UWIKA Bersama dengan Rektor Universitas Narotama untuk penguatan mutu hasil penelitian.

Kegiatan monev dan brainstorming seperti ini penting untuk dilakukan bagi para dosen yang mendapat hibah setelah proses pengajuan proposal, penetapan proposal, dan pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat agar dapat mengkaji kualitas penelitian dan pengabdian dengan standar nasional, agar betul-betul terkontrol dan hasilnya bermutu tepat sasaran dan sesuai dengan kaidah dari praktik baik Good University Government (GUG).

Dalam kegiatan ini pula Rektor Universitas Widya Kartika F. Priyo Suprobo, ST., MT, juga bertukar pikiran bersama Rektor Universitas Narotama Dr. Ir. Sri Wiwoho Mudjanarko, S.T., M.T., IPM, yang dalam acara ini didapuk pula sebagai reviewer nasional independent yang ikut menilai hasil capaian penelitian dosen UWIKA.

Melalui pertemuan ini kedua rektor sepakat untuk memperkuat sinergi antar institusinya, agar tumbuh dan berkembang bersama, tidak hanya dalam aspek kegiatan namun juga sampai kepada resource sharing. Kedepan, UWIKA berencana memperkuat sektor penelitian hingga ke ranah penelitian desentralisasi dimana membutuhkan bantuan penguatan reviewer independent yang bersertifikat nasional, dalam pemenuhan hal tersebut UWIKA akan berkolaborasi dengan Narotama untuk pemenuhan reviewer tersebut. Diharapkan dengan penguatan sektor penelitian dan pengabdian ini mampu memperkuat hasil outcome dari dosen yang kemudian secara langsung mampu membawa implikasi positif terhadap prestasi kinerja kampus kedepannya.

Artikel Terkini

Rumus Penting Dalam Memilih Jurusan Kuliah

Thursday, 14 January 2021

Lensa Kartika – Edisi 53

Tuesday, 12 January 2021
4 Peluang Bisnis yang patut kamu coba di tahun 2021

4 Peluang Bisnis yang patut kamu coba di tahun 2021

Thursday, 31 December 2020