Berita & Agenda : Friday, 2 March 2012 | 1740 Views |

Pimpinan Uwika Kunjungi AAL

Pimpinan UWIKA kunjungi AAL

Pimpinan Universitas Widya Kartika (Uwika) Surabaya mengadakan kunjungan studi ke Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya, Selasa, 28 Februari 2012. Kunjungan yang dipimpin oleh Rektor Uwika, Dr. Ir. Gembong Baskoro, M.Sc., itu diterima oleh Direktur Perencanaan dan Pengembangan (Dirrenbang) AAL Kolonel Laut (E) Totok Subali Asmoro, S.T dan jajaran pejabat teras AAL, di Gedung AVMP, Bumimoro, Surabaya.

Dalam kunjungan itu Rektor Gembong Baskoro didamping Wakil Rektor Dra. Felicia O Dien Koewanto, Dekan Fakultas Ekonomi Dra. Eva Johana M.Si, Ak., Wakil Dekan Fakultas Teknik, F. Priyo Suprobo, ST..MT dan beberapa kepala unit lainnya.

Dirrenbang Kol. Laut Totok Subali Asmoro dalam sambutannya menyatakan rasa senang dengan kunjungan dari Uwika. Menurut dia, kunjungan ini bisa menjadi sarana untuk saling berbagi cara mendidik para kadet (sebutan siswa yang menempuh pendidikan di AAL). Usai sambutan dari Kol. Laut Totok Subali Asmoro, giliran Rektor Gembong Baskoro yang mendapat kesempatan untuk menyampaikan sambutan.

Rektor Gembong Baskoro dalam sambutannya menyinggung mengenai pembentukan karakter disiplin. Menurutnya, karakter disiplin menjadi pilihan terbaik untuk membentuk kepribadian mahasiswa selama mengikuti pendidikan. Disiplin juga menjadi unsur penting bagi seseorang untuk sukses dalam kehidupan.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan melihat pemutaran profil AAL dan disusul dengan acara percakapan ringan antara Rektor Gembong Baskoro, Kol. Laut Totok Subali Asmoro dan Dra. Felicia O.Dien Koeswanto.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan paparan mengenai Pembentukan Karakter dan Disiplin Kadet AAL oleh Kasubditsuh. Metode yang diterapkan di kelas adalah menitikberatkan pada kecerdasan, pelatihan aplikasi teori, pengasuhan mental dan kepribadian.

Selain itu juga ada program pengasuhan yakni softsikll yang menitikberatkan pada moral, karakter, kebanggaan, kehormatan dan tradisi. Metode yang diterapkan dalam pengasuhan ini adalah saling asauh, asih dan asuh. Sementara dalam pembentukan mental AAL meliputi mental spiritual, mental ideologi, mental kejuangan, mental kepemimpinan, dan mental psikologi.

Acara dilanjutkan dengan peninjauan Museum dan Planetarium AAL. Dalam peninjauan itu ditunjukkan berbagai macam resi bintang yang juga berguna untuk navigasi pelayaran. Di museum rombongan bisa melihat beberapa barang yang bersejarah bagi TNI Angkatan Laut. Seperti model baju selam jaman dulu, replika tandu Jenderal Soedirman saat memimpin perang gerilya.

Usai peninjuan, Rektor Gembong Baskoro diperkenankan untuk memimpin acara makan siang. Duduk bersama para pejabat dan senat AAL. Rektor memukul lonceng sebagai tanda acara makan siang dimulai dan diakhiri. Rombongan Uwika dihibur dengan pertunjukan gendang Sunda dan tarian Saman dari para kadet AAL.

Switch to our mobile site