Berita & Agenda : Thursday, 6 August 2020 | 1112 Views |

Mitos Tentang Kuliah di Kampus Swasta yang ‘Nggak bener’ Sering Bikin Sobat Milenial Parno Duluan

Mitos Kuliah di Kampus Swasta Karena nggak lulus PTN

Sering kali saat mengutarakan keinginan untuk memilih kampus swasta ada aja orang yang menyangsikan, kalau sudah begini kamu pasti kesal sekaligus bimbang kan? Sering kali ada asumsi yang beranggapan bahwa PTS (Perguruan Tinggi Swasta) adalah pilihan terakhir kalau kamu nggak lulus ujian PTN baik SNMPTN, SBMPTN maupun ujian mandiri. Duh, padahal sekarang sudah nggak begitu sama sekali!  Dengan kualitas perguruan tinggi swasta di Indonesia yang semakin meningkat, termasuk Universitas Widya Kartika yang sangat memperhatikan kualitas pengajaran akademik mahasiswanya. Banyak calon mahasiswa yang justru sengaja memilih kampus swasta seperti Universitas WIdya Kartika untuk tempatnya berkuliah lho!

Mitos Mahasiswa PTS nggak sepintar mahasiswa PTN

Mitos nih! Kamu bisa melihat langsung fakta di lapangan. Banyak banget mahasiswa kampus swasta yang memiliki prestasi gemilang bahkan nggak jarang mereka berhasil mengalahkan para pesaingnya yang berasal dari PTN. Saat ini banyak banget mahasiswa yang memilih berkuliah di kampus swasta justru lebih banyak peluang untuk berprestasi di kampus ini. Misalnya, di kampus Universitas Widya Kartika sendiri, mahasiswa-mahasiswa disini banyak yang mendapatkan beasiswa dan karir yang gemilang setelah lulus lho! Bahkan ketika masih baru semester awal mereka ada yang memenangkan kejuaraan non-akademik tingkat nasional bahkan internasional.

Biaya kuliah di kampus swasta mahal dan bikin kantong bolong

Mitos yang sering banget didenger nih! Sebelum ngomongin biaya kuliah, Sobat Milenial tau nggak, setelah PTN menjadi badan hukum sendiri alias PTN BH, biaya kuliah di PTN sudah nggak lagi semurah beberapa tahun sebelumnya. Jadi pastikan kamu selalu up to date ya! Untuk PTN besar dan terkenal bisa dibilang biayanya semesterannya tidak jauh beda dengan beberapa kampus swasta lho! Bahkan ada pula yang per semesternya bisa jauh melampaui biaya pendidikan di kampus swasta. Nggak percaya? Cek langsung aja!

Sobat Milenial, nggak perlu ambil pusing soal biaya pendidikan di kampus swasta. Saat ini Universitas Widya Kartika yang menyediakan program beasiswa atau potongan biaya bagi para mahasiswa baru dan ada program konsultasi pendidikan supaya kamu nggak salah pilih jurusan! Nah, kamu bisa menggunakan peluang ini untuk memangkas biaya pendidikan mu sekaligus mendapatkan wadah untuk mengembangkan minat bakatmu.

Kampus Swasta Identik dengan gaya hidup yang hedon dan lebih banyak main daripada belajarnya

Selain soal akademik, banyak juga calon mahasiswa yang ragu masuk PTS karena image anak-anak PTS itu terkesan hidupnya hedon dan gaul-gaul sehingga merasa terintimidasi atau bahkan tidak diijinkan oleh orang tuanya. Padahal, yang namanya pergaulan, mau di manapun Sobat Milenial kuliah, akan ditentukan oleh diri kamu sendiri. Siapa bilang di PTN nggak ada mahasiswa yang sukanya main? Di PTN pun banyak kok kelompok mahasiswa yang hedon dan nggak serius menjalani kuliahnya, jadi untuk hal ini sama sekali nggak ditentukan oleh status perguruan tingginya. Selama Sobat Milenial memilih kampus swasta dengan lingkungan dan pendidikan akademik maupun karakter yang baik, pasti kalian bisa menjadi mahasiswa yang baik dan sukses.

Seperti di Universitas Widya Kartika, kampus ini nggak hanya menekankan pendidikan akademik, penguasaan ilmu dan juga keterampilan, namun juga berusaha mencetak lulusan yang yang memiliki integritas, dan pastinya karakter saling menghargai. Seperti motto yang selalu diterapkan dan dijunjung di UWIKA yaitu Humanis-Inovatif-Kreatif. Jadi, tidak aneh kalau lulusan UWIKA banyak yang nggak hanya menguasai ilmu, keterampilan dan menjadi sarjana. Namun juga pribadi yang berkarakter.

Lulusan PTS sering kalah bersaing di dunia kerja

Nama kampus aja nggak cukup lho untuk membuat kamu survive di dunia kerja. Untuk bisa diterima oleh sebuah perusahaan bergengsi, kadang nilai akademik atau IPK yang bagus saja nggak cukup apalagi cuma nama kampus. Jadi mitos ini salah banget Sobat Milenial! Dengan persaingan yang semakin ketat, perusahaan tentu akan lebih memilih calon karyawan yang sudah siap bekerja dan memiliki latar belakang yang baik. Untuk itu, persiapkan dirimu dengan berbagai pengalaman organisasi dan kerja magang di bidang yang sesuai.

Memang belum banyak PTS yang memfokuskan diri pada hal ini. Salah satu kampus swasta yang berorientasi pada kesiapan lulusannya di dunia kerja. Salah satunya Universitas Widya Kartika, yang sangat memperhatikan hal ini. Sebelum mahasiswa lulus dari kampus ini, mereka telah dibekali oleh berbagai program magang dengan perusahaan-perusahaan ternama dan beberapa sertifikasi yang mendukung keahlian profesi mereka di dunia kerja nanti. diharapkan mereka akan mendapatkan ilmu sekaligus pengalaman yang jadi modal penting untuk dunia kerja, bahkan bisa langsung melanjutkan bekerja di perusahaan tempatnya magang setelah mereka lulus nanti. Jadi, kalau ada yang bilang lulusan PTS kalah saing dengan lulusan PTN, itu nggak tepat, deh!

Nah Sobat Milenial, sekarang sudah tahu kan bahwa mitos-mitos negatif tentang mahasiswa PTS (Perguruan Tinggi Swasta) itu nggak semua benar, bahkan banyak salahnya. Jadi, kamu nggak perlu takut atau ragu untuk masuk PTS jika memang sesuai dengan minat kamu dan peluangnya ada.

Tentunya kamu tetap perlu memilih PTS yang berkualitas dan terpercaya. Salah satunya adalah Universitas Widya Kartika yang memang punya kualitas terdepan dalam hal kurikulum dan pengajar. Kurikulum di Universitas Widya Kartika sudah dirancang secara terpadu sehingga lulusannya akan siap bersaing di era globalisasi ini. Selain program magang yang sudah disinggung di atas, Universitas Widya Kartika juga memiliki program Konsultasi Pendidikan yang nggak kalah menariknya. Program ini bahkan terintegrasi dengan Beasiswa lho! Hal ini tentu menjadi informasi penting untuk Sobat Mileial yang ingin menjadi profesional karir yang handal. Pokoknya, mantap! Jadi, jangan sia-siakan peluang kamu untuk bisa kuliah di kampus swasta berkualitas yang juga menyediakan banyak beasiswa ini.