Berita & Agenda : Friday, 12 March 2021 | 199 Views |

Sobat Milenial Harus Tau: Alasan Harus Memilih Jurusan Sendiri Tanpa Ikutan Teman

Sebelum memilih Universitas, pastinya sobat milenial wajib untuk memilih jurusan apa yang akan dijalani di dunia perkuliahan nanti. Biasanya, para calon mahasiswa yang masih bingung ingin masuk jurusan apa, akan bertanya kepada orang-orang di sekitar tentang jurusan apa yang menurut mereka paling bagus dan cocok untuk dijalankan nantinya. Namun, akan berbahaya ketika teman-teman tidak mendapat jawaban yang memuaskan. Sobat milenial justru akan cenderung mengikuti jurusan yang diambil oleh teman. Alasannya sangat sederhana yaitu karena akan langsung punya teman di kampus itu. Akan sangat disayangkan apabila hal itu memang benar-benar terjadi. Seharusnya, sobat milenial jangan sampai memilih jurusan yang dipilihkan oleh orang lain ataupun malah mengikuti jurusan teman yang belum tentu akan dijalankan dengan nyaman. Ada 3 alasan yang akan dibahas pada artikel ini tentang mengapa kita harus memilih jurusan kita sendiri tanpa megikuti teman ataupun orang lain. Sobat milenial penasaran tentang 3 hal tersebut? Yuk simak terus artikel ini!

  1. Sebagai Bentuk Tanggung Jawab Sebagai Seorang Mahasiswa

Sobat milenial mungkin tidak menyadari apabila kita memilih jurusan sendiri, itu berarti menunjukkan sebuah sikap kedewasaan. Kok bisa sih? Iya, karena itulah hal yang kamu pilih sendiri, tentunya tanggung jawabnya pun harus ditanggung dan dipikul sendiri. Misal, kamu sudah memilih dan masuk ke jurusan Arsitektur, tapi malah merasa bahwa jurusan tersebut tidak cocok buat kamu dan akhirnya memaksa unuk keluar dan pindah dari jurusan tersebut, orang tua pun pasti akan kecewa terhadap hal tersebut. Kamu yang memilih jurusanmu sendiri berarti kamu juga harus bertanggung jawab secara penuh untuk menyelesaikan apa yang sudah kamu pilih dan tekuni, apalagi mengingat orang tua yang sudah bekerja keras untuk memasukkan kamu ke Universitas yang kamu mau dengan jurusan idamanmu sesuai dengan passion juga tentunya. Jadi, jangan sampai ya kamu minta pindah jurusan hanya karena “Nggak cocok sama dosennya” ataupun “Nggak suka sama mata kuliahnya” Sobat milenial pastinya juga tidak mau terus-terusan dianggap sebagai mahasiswa yang tidak mandiri kan?

  1. Tidak Akan Ada Rasa Penyesalan

 “Penyesalan tidak dapat mengubah masa lalu, begitu pula kekhawatiran tidak dapat mengubah masa depan.” Rasanya Kalimat itu kerap kali sobat milenial ingat jika sedang bingung untuk melakukan sesuatu atau tidak. Memilih jurusan di dunia perkuliahan sendiri itu sama dengan kamu sedang membangun pondasi untuk masa depan kamu sendiri lho! Kamu tidak akan pernah menyesal nantinya, karena akan melakukan sesuatu sesuai dengan kehendak yang diinginkan. Justru malahan, kamu akan terus termotivasi untuk terus belajar dan belajar lagi untuk memperkaya ilmu karena memang di situlah kemampuan juga bakatmu. Ilmu pengetahuan yang mumpuni ini nantinya lah yang akan membawa kamu untuk sukses di dunia kerja.

  1. Tambah Semangat Untuk Kuliah

Bagi sobat milenial yang merasa kalau kuliah itu akan selalu bikin capek melulu, kamu wajib dan harus untuk memilih jurusan sendiri. Jika kamu memilih jurusanmu sendiri, kamu akan lebih semangat dan antusias untuk menghadapi segala macam tugas dan permintaan dosen yang banyak banget saat kuliah nanti baik itu mudah maupun sulit. Karena kamu memilih jurusanmu sendiri, sobat milenial akan merasa lebih enjoy untuk menyelesaikan apa yang ditugaskan. Meski melelahkan, percayalah hasil kerja keras tersebut tidak akan pernah mengkhianati hasil yang akan kita dapatkan nantinya.

Di Universitas Widya Kartika Surabaya sendiri, terdapat berbagai jenis jurusan atau program studi nih yang terdiri dari 3 fakultas dan tentunya bisa menjadi wadah untuk sobat milenial untuk terus semangat belajar juga mengembangkan bakatnya di masa perkuliahan. Di fakultas ekonomi terdapat 2 program studi yaitu S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Di fakutas teknik terdapat 4 program studi yaitu S1 Teknik Elektro, S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Sipil, dan S1 Arsitektur. Di fakultas bahasa dan sastra terdapat 2 program studi yaitu S1 Pendidikan Bahasa Mandarin dan S1 Sastra Inggris. Dijamin deh, sobat milenial yang masuk di UWIKA gak bakal nyesel untuk melanjutkan studinya di kampus ini. UWIKA akan mempersiapkan dengan baik para lulusannya agar bisa bersaing di dunia pekerjaan nantinya. Jika sobat milenial ingin mendaftarkan diri dan menjadi bagian dari mahasiswa Universitas Widya Kartika, bisa mengunjungi link pendaftaran UWIKA di pmb.widyakartika.ac.id. Yuk semuanya bergabung dengan kami di Universitas Widya Kartika Surabaya.