Berita & Agenda : Wednesday, 15 July 2020 | 198 Views |

Mahasiswa Arsitektur Rancangkan ‘Save Mask’ Pantau Ketersediaan Masker di Sekitarmu!

WhatsApp Image 2020-07-15 at 12.55.59
Setiap anak bangsa dalam hatinya pasti pernah berkeinginan menjadi berguna untuk nusa dan bangsa, paling tidak untuk orang-orang di sekitarnya. Seolah tak ingin menyia-menyiakan ilmu yang ia dapatkan di masa perkuliahan era pandemi covid-19, seorang mahasiswi Universitas Widya Kartika, Fenny Insiana Rustanto dari prodi arsitektur merancangkan secara rinci gagasan tentang aplikasi yang nantinya sangat berguna bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat di masa pandemi yang tak kunjung rampung.

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak permasalahan yang timbul akibat pandemi, salah satunya ketersediaan masker medis. Masker medis semakin sulit untuk dicari, stok masker medis di apotek maupun di pasaran sangat kurang, kalaupun ada harganya masih ‘nggak wajar’. Padahal masker medis dinilai lebih efektif untuk mencegah penyebaran virus oleh pasien-pasien yang harus di karantina mandiri di rumah akibat covid-19. Hal ini juga disebabkan ulah penimbun masker yang melakukan kecurangan dengan memanfaatkan situasi yang ada untuk meraih keuntungan yang besar dengan menjual masker tersebut dengan harga yang sangat mahal. Selain itu pihak medis banyak yang mengeluhkan permasalahan ini karena sulitnya mendapat masker medis di tengah pandemi ini. Padahal pihak medis merupakan pekerjaan yang cukup beresiko karena harus menghadapi banyak orang sakit yang tentu memiliki beberapa virus yang bisa jadi virus corona atau virus   lainnya. Beberapa hal ini termasuk yang melatar belakangi munculnya aplikasi ‘Save Mask’ yang sedang on going.

Manfaat dari proyek ‘Save Mask’ ini adalah mengembangkan kreativitas anak bangsa untuk membuat aplikasi yang berguna untuk menangani pandemi virus corona. Selain itu bermanfaat untuk membuka pikiran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan serta kebersihan diri sendiri untuk meminimalisir penularan virus corona ini. Proyek ini bermanfaat untuk memberikan informasi bahwa penggunaan masker itu penting apalagi untuk pihak medis serta pekerjaan-pekerjaan lain yang mengharuskan untuk berinteraksi dengan banyak orang. Penelitian dan rancangan aplikasi “Save Mask” ini dibuat berdasarkan data yang akurat salah satunya melihat grafik di bawah ini.
WhatsApp Image 2020-07-15 at 14.29.32

WhatsApp Image 2020-07-15 at 14.29.21
Fitur-fitur pada aplikasi ‘Face Mask’

Untitled design

Cara kerja aplikasi Save Mask sangat sederhana dan mudah dipahami. Selain itu tampilan Save Mask juga dirancang menarik dengan menampilkan gambar-gambar yang eye-catching. Wahh.. semoga segera ter realisasi ya!

Artikel Terkini

Buat Yang Suka Main Game, Ini Dia Jurusan Yang Cocok Buat Kamu!

Buat Yang Suka Main Game, Ini Dia Jurusan Yang Cocok Buat Kamu!

Wednesday, 16 September 2020

Lensa Kartika – Edisi 45

Wednesday, 16 September 2020

Lensa Kartika – Edisi 44

Wednesday, 16 September 2020

Switch to our mobile site