Informasi Terbaru : Tuesday, 25 November 2014 | 1337 Views |

Pentingnya Budaya Koperasi dalam Lingkungan Perguruan Tinggi

Dr. Murpin Joshua Sembiring S.E. M.Si., Rektor Universitas Widya Kartika (UWIKA) Surabaya yang juga menjadi ketua Asosiasi Koperasi Ritel Indonesia (AKRI) kota Surabaya. Kembali terpilih menjadi narasumber Diklat Pengurus/Pengawas Koperasi Mahasiswa se-kota Surabaya.

Dalam acara yang diadakan di lantai 2 Gedung Pertemuan Bung Hatta, Dinas Koperasi Kota Surabaya tersebut. Rektor UWIKA memberikan paparan teknis, bagi para pengurus/pengawas Koperasi Mahasiswa (Kopma). Peserta dalam pelatihan kali ini, tidak hanya dari Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Surabaya, melainkan juga dari hampir seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya.

Dr. Murpin mengatakan, “keterbukaan dan komunikasi adalah kunci dari kelancaran kinerja Koperasi. Jika antar elemen Perguruan Tinggi dan pengurus Kopma tidak terjalin komunikasi yang baik, bisa jadi akan mengakibatkan rasa curiga yang berlebihan. Tak jarang karena buntunya komunikasi, malah akan mengakibatkan persaingan bisnis, antara bisnis yang dijalankan oleh elemen Perguruan Tinggi, dengan bisnis Kopma itu sendiri.”

Paparan dari Rektor UWIKA tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab dari beberapa mahasiswa peserta acara. Dalam paparan penutupnya, kembali Dr. Murpin menegaskan, agar para mahasiswa selalu memupuk kemauan dan semangat untuk mengelola Koperasi. “Bahkan, kalau perlu dalam memilih pacar-pun, Anda harus memilih pacar yang mandiri, dan berjiwa Koperasi” kelakarnya, sambil disambut tawa para peserta pelatihan. (*)