DIARY 1 TAHUN LENSA KARTIKA, SALURKAN ENERGIMU MELALUI PROGRAM ANYAR

 

Hi sobat milenial,

Tak terasa Lensa Kartika sudah setahun menemani kalian, tepatnya 12 Oktober setahun yang lalu adalah tanggal bersejarah bagi kami ketika pertama kali terbit dan menyuguhkan informasi terkini seputar Universitas Widya Kartika. Banyak sekali yang telah kami lalui untuk bisa hadir sampai di layar HP atau layar gawai kalian. Bicara tentang kami, yuk kita simak cerita dahulu hingga kini siapa saja yang ada di balik sejarah lahir dan berkembangnya Lensa Kartika.

MCC yang dahulu dikenal sebagai Marketing and Corporate Communication, adalah unit pendukung dari aktivitas Universitas Widya Kartika (UWIKA). Melalui surat usulan 058/B/UWIKA-MCC/IX/2019 oleh Koordinator MCC yakni kak Rio Oktora Nanda Putra, MCC diusulkan untuk disempurnakan namanya menjadi Media and Communication Centre (MCC) atau juga dikenal sebagai Pusat Media dan Komunikasi Universitas Widya Kartika (PUSMEDKOM UWIKA), dalam usulannya juga dibentuk tim kreatif mahasiswa yakni tim Idea Creator dan juga Lensa Kartika tentunya sebagai halaman elektronik yang menjadi sarana informasi dam publikasi karya para civitas UWIKA yang terintegrasi dengan seluruh media digital UWIKA (Website, Instagram, Facebook, Twitter dan YouTube). Hal tersebut mendapat dukungan dari bapak F.Priyo Suprobo, S.T., M.T selaku Rektor UWIKA melalui terbitnya Surat Keputusan No. 56/UWIKA/R/X/2019 tentang Perubahan Nama MCC dan Pembentukan Tim Kreatif Mahasiswa. Surat Keputusan tersebut menjadi tonggak sejarah resmi lahirnya Lensa Kartika dan Tim Idea Creator.

LRM_EXPORT_28969125502638_20190822_164147114

Namun, munculnya usulan dan legalitas tersebut tidak lepas dari inspirasi yang diperoleh Koordinator MCC bersama beberapa perangkat Humas dari lingkup Organisasi Mahasiswa ketika mulai bulan Agustus 2019 intens turut serta dalam kegiatan yang diadakan oleh PERHUMAS Surabaya, Jawa Pos dan juga Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen IKP Kominfo). Turut menemani kak Rio dalam kegiatan tersebut yakni Muhammad Ilham Ramadhani yang saat itu menjabat sebagai Humas BEM UWIKA (saat ini lebih dikenal sebagai mas RT hehehee…), Aurellio Hezekiah Bevan sebagai Humas Himpunan Mahasiswa Arsitektur UWIKA, dan juga Anterson Saogo yang saat itu menjabat sebagai Humas Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro UWIKA.

Menurut kak Rio, saat itu adalah kesempatan yang baik untuk mempersiapkan bibit unggul kehumasan nusantara dan menjadikan mereka sebagai ‘inang virus-virus’ positif public relations, sehingga ‘demam’ profesionalitas public relations akan ‘mewabah’ di kalangan milenial, khususnya bagi para civitas UWIKA. Menjadi sebuah tantangan tersendiri bagaimana memperkenalkan seni komunikasi publik kepada para generasi milenial. Maka dengan dibentuknya Lensa Kartika, maka akan menjadi project pilot yang mudah diterima dan mudah diaplikasikan oleh para generasi muda kini. Tentunya dengan berbekal kreativitas dan passion masing-masing.

DSC_0375

Tim Idea Creator semakin bertumbuh dan berkembang dengan munculnya wajah-wajah baru yang ramai menghiasi bingkai media digital UWIKA. Kevin Cornelius Septyanto, Daisy Fidelia, Felicia Stevany, Helen Irawati, Daud Simeru, Agung Surya Wijaya, Supriyadi, Heskia Pihanka Putra, Ainur Ridho Pramesta dan Simson. Kami pun membekali diri dengan keterampilan-keterampilan bidang jurnalistik, manajemen social media dan produksi konten kreatif, seperti halnya ketika beberapa personil tim produksi Lensa Kartika ditemani juga oleh kak Silia Maindelen Napitupulu (staf MCC yang juga memiliki peran strategis sebagai Public Relations UWIKA) menghadiri pelatihan digital creative yang diadakan oleh MSU (Millennial Speak Up) bersama Bion Idea di Spazio Plaza pada tanggal 26 Oktober 2020. Kemudian bergabungnya kak Anastasia Kurnia Wijayanti sejak akhir Oktober 2019 dan juga kak Amanda Octaviani sejak bulan Juni 2020 telah membawa ‘aroma’ dan ‘wajah’ yang segar pada Lensa Kartika dan media digital UWIKA.

FastSave

Bagi sobat milenial yang sudah sejak awal mengikuti Lensa Kartika, maka akan bisa melihat bertumbuh dan berkembangnya kami seiring dengan meningkatnya atensi publik terhadap Universitas Widya Kartika. Yaa….. kami tak berhenti di situ saja, evaluasi dan inovasi tak lepas kami lakukan sebagai bentuk komitmen atas profesi dan peran yang kami jalani saat ini sebagai ujung tombak Pusat Media dan Komunikasi Universitas Widya Kartika. Meski sempat terseok akibat pandemi dan untuk sementara tidak bisa berkumpul bersama tim kreatif mahasiswa, namun semangat kami tak pernah surut. Program-program baru kami hadirkan sebagai upaya kreatif kami dan juga sebagai media komunikasi dengan para sobat milenial, mitra UWIKA dan juga publik seluruhnya.

Kini saatnya kami membuka kesempatan yang lebih luas lagi bagi para civitas UWIKA yang aktif dan kreatif untuk berkarya bersama Pusat Media dan Komunikasi UWIKA melalui program Citizen Journalism dan Karya Sobat Milenial UWIKA. Program ini merupakan wadah bagi seluruh civitas UWIKA untuk berkarya dan menyampaikan ide, gagasan serta opininya untuk kemajuan Universitas Widya Kartika. Terlebih bagi mereka yang memiliki passion di bidang jurnalistik, fotografi dan videografi maka ini adalah sarana yang tepat bagi kalian untuk menyalurkan energi kalian. Apa saja yang bisa kita lakukan dalam program ini, dan karya apa saja yang dimaksud

  1. Karya Tulis

Contoh : Puisi, Pantun, Cerpen, Artikel, Berita, Cerita Series, dll.

  1. Karya Foto & Digital Grafis

Contoh : Digital imaging, dokumentasi event/kegiatan, foto jurnalistik, ilustrasi, konten kreatif, poster, sketch, kaligrafi, dll.

  1. Karya Video

Contoh : Teaser, film pendek, movie, tutorial, dokumentasi event/kegiatan, video jurnalistik, konten kreatif, berita, dll.

  1. Ide, Gagasan dan Opini

Lensa Kartika akan menjadi media komunikatif dan interaktif dengan mengajak publik untuk dapat menyampaikan ide, gagasan dan opininya

 

Ketentuan karya, ide, gagasan dan opini serta apresiasi yang diberikan

  1. Karya dikirimkan melalui portal online yang disediakan (KLIK DI SINI)
  2. Karya yang dikirimkan merupakan karya orisinil dan secara langsung memberikan hak kepada Pusat Media dan Komunikasi UWIKA untuk mempublikasikan karya tersebut di media digital UWIKA
  3. Komposisi karya tidak mengandung karya orang lain, apabila di dalam karyanya terdapat karya orang lain maka harus memiliki ijin dari pemilik karya tersebut
  4. Mencantumkan watermark yang mencirikan karya pribadi (apabila tidak mencantumkan watermark, maka kami akan menambahkan nama anda ke dalam caption atau disematkan di dalam karya tersebut yang menunjukkan bahwa itu adalah karya orisinil anda)
  5. Tidak mengandung unsur SARA dan wajib mencerminkan hal yang positif serta membangun. Bersifat aktual, faktual dan membawa misi bersama yakni

#UWIKAkreatif

#UWIKAPenggerakPendidikan

#UWIKATURNBACKhoax

#IndonesiaBicaraBaik

  1. Seluruh karya akan melalui tahap screening dan review dari tim redaksi Lensa Kartika (Pusat Media dan Komunikasi UWIKA) serta akan dilakukan editing atau penyuntingan apabila diperlukan. Karya, Ide dan Opini yang telah melalui tahap tersebut yang kemudian dinilai tidak layak dan tidak sesuai ketentuan maka tidak akan ditayangkan di media digital UWIKA
  2. Bagi para mahasiswa yang mengunggah karyanya dan dimuat di Lensa Kartika maka kepadanya diberikan e-certificate sebagai apresiasi dan dapat diakui sebagai poin kegiatan kemahasiswaan.
  3. Mahasiswa yang berstatus magang juga dapat memanfaatkan program ini dan diakui sebagai kegiatan magang dengan perhitungan tertentu.
  4. Bagi para mahasiswa yang secara aktif mengunggah karyanya dan dimuat di Lensa Kartika maka kepadanya akan diakui sebagai Kontributor Lensa Kartika serta bersama dapat mulai mengembangkan Lembaga Pers Mahasiswa bersama Pusat Media dan Komunikasi UWIKA
  5. Bahwa karya-karya para civitas UWIKA nantinya juga turut serta dalam segala perlombaan yang banyak sekali tersedia saat ini, sehingga dapat membawa nama UWIKA di tingkat nasional dan internasional

Leave a Comment